RAKYATPAPUA.COM, RAJA AMPAT – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Papua Barat menggelar sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan serta Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) kepada masyarakat di Kota Waisay Kabupaten Raja Ampat, Kamis (30/8/2018).

Kegiatan tersebut berlangsung pada pukul 08.00 WIT – 14.00 WIT di Aula Distrik Kota Waisay Kabupaten Raja Ampat.

Kegiatan Diseminasi Informasi P4GN tersebut melalui pemanfaatan media konvensional tatap muka kepada keluarga dengan jumlah peserta 40 orang dari tokoh masyarakat, tokoh perempuan, tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh pemuda.

Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Distrik Kota Waisay, Alfred Suruan, dalam sambutannya menyampaikan bahwa narkoba itu legal dan dilindungi oleh UU bila dipergunakan sesuai dengan indikasinya, akan menjadi masalah bilamana disalahgunakan.

Ia menegaskan, berbagai dampak negatif akan terjadi sepertil kemiskinan, merusak badan, pikiran, gangguan kamtibmas, pencurian serta beragam tindak kriminal lainnya.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan pencerahan dan pemahaman agar semua keluarga dan masyarakat memiliki wawasan pengetahuan yang cukup tentang bahaya narkoba, dan bagaimana cara mencegah,” tuturnya.

Sementara itu, Kabid P2M BNNP Papua Barat, Drg. Indah Perwitasari dalam kesempatan itu menjelaskan tentang aspek hukum dan modus operandi tindak pidana narkotika.

Indah menyampaikan agar keluarga dan masyarakat melaporkan ke BNNP Papua Barat jika ada yang mencurigakan dalam penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika di Kabupaten Raja Ampat.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, seluruh keluarga dapat menjadi tameng utama dalam mencegah terjadinya penyalahgunaan narkoba dan juga sebagai perpanjangan tangan BNNP Papua Barat dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Raja Ampat,” jelasnya.

Kasie Pencegahan Nurjana, S.Sos membahas tentang jenis-jenis narkoba dan upaya pencegahannya serta mendorong peran keluarga sebagai lingkungan terbaik dalam pencegahan dan penyalahgunaan narkoba.

Dalam kesempatan itu juga, Kasie Pencegahan Nurjana, S.Sos membahas tentang jenis-jenis narkoba dan upaya pencegahannya serta mendorong peran keluarga sebagai lingkungan terbaik dalam pencegahan dan penyalahgunaan narkoba.

“Keluarga adalah benteng utama untuk mencegah anak-anak dari masalah narkoba. Keluarga yang sejahtera dengan penuh kasih sayang sudah melaksanakan pencegahan penyalahgunaan narkoba.