RAKYATPAPUA.COM, SORONG- Tujuh komisarias cabang (komcab) pemuda katolik se-sorong raya menolak dengan tegas pelantikan ketua Yosepa Vaan sebagai ketua komisariat daerah (Komda) pemuda Katolik Papua Barat yang akan dilantik pada hari Senin besok.

Hal tersebut di sampaikan oleh 7 komcab Se-sorong Raya saat melakukan konfrensi pers di aimas Kabupaten Sorong. minggu (2/12/2018).

Menurut Fransiskus yeri Nauw, Komcab kota Sorong. pelantikan ketua Komda Yosepa Vaan di anggap ilegal karena sejumlah mekanisme yang dijalankan tidak sesuai dengan marwah konstitusi organisasi.

“Proses pelantikan Ibu Yosepa Vaan kami anggap tidak sah karna tidak sesuai dengan konstitusi marwah organisasi, kejanggalan itu terlihat ketika dalam pengambilan keputusan kenapa pimpinan sidang hanya empat orang?? Ini kan tidak ferr, minimal jumlah pimpinan sidang itu ganjil atau Lima orang”, Ujar Fransiskus.

“Saya sendiri selaku tim formatur tidak di libatkan dalam dan mereka memanipulasi tandatangan saya, dan memang kami sangat meragukan kredibilitas beliau (Yosepa Vaan) sebenar tujuannya apa??”, Lanjut Frans Nauw.

Selain itu ditambahkan Komcab kab. Sorong Selatan. Isak Bofra mengatakan, sala satu kejanggalan yang terlihat kenapa tim formatur yang dilengkapi tidak dilibatkan dalam proses komposisi?? “, Tanya Isak.

Tambah Isak ,”mereka tidak menjalankan komitmen bersama yang telah disepakati bahwa ketika Yosepa Vaan terpilih sebagai ketua maka otomatis sekertaris harus Metodius Baru, tapi kenyataannya berbeda”.

Dalam konferensi pers tersebut tujuh komcab Se-sorong Raya menegaskan apabila hal ini tidak ditanggapi serius maka akan dilakukan Komda tandingan, dan akan membawa persoalan tersebut untuk dilaporkan dalam kongres di Kupang pada tanggal 7sampe 9 mendatang agar diketahui oleh ketua umum guna dilakukan peninjauan kembali.

Berikut komisariat Cabang (komcab) yang menolak pelantikan Yosepa Vaan sebagai ketua Komisariat daerah (Komda) Provinsi Papua Barat diantaranya, Komcab  Kota Sorong, (Fransiskus yeri Nauw) Komcab.Kabupaten Sorong, (Isak bofra) Komcab Kabupaten maybrat, (Vius Baru) Komcab .Kabupaten tambraw, (Maria lorerlia Hay) Komcab. Kabupaten Sorong Selatan, (yanwarius Kirain) Komcab Kabupaten Raja Ampat, (Alexander romario wiran) Komcab .Kabupaten Fak-Fak, (Paulus Siritubun) Komcab. Kabupaten Bintuni (Paulino Tawer)

Boy K