RAKYATPAPUA.COM, SORONG SELATAN – Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel), Saul Salamuk, Sos.Msi menegaskan terkait dana bantuan study akhir 2018 hanya dapat direalisasikan jika sudah melalui prosedur yang ada.

“Bantuan study akihir disesuaikan dengan anggaran yang ada, kemudian semua persyaratan yang diberikan harus dilengkapi, kalau tidak dilengkapi sudah pasti tidak bisa direalisasikan karena semuanya harus melalui prosedur yang sudah ditentukan,” tegas Saul kepada Rakyatpapua.com, Sabtu (15/12/2018).

Ia menjelaskan, bahwa masyarakat harus mengetahui jika Dinas Sosial hanya menyiapkan adminstrasinya, sementara proses pembayaran sudah menjadi urusan keuangan.

“Kemudian dalam menyiapkan administrasi itu kami tidak naikan satu-satu, tetapi bersifat kolektif sehingga setiap ada proposal bantuan study akhir kami tahan dulu baru kami naikan sekaligus,” jelas dia.

“Setahu saya bantuan study akir tahun 2018 sudah kami realisasikan semuanya, tapi mungkin adik-adik (mahasiswa) yang kurang puas ini ada dua kemungkinan, pertama dalam verifikasi berkas ada yang kurang lengkap persyaratannya dan yang kedua memasukkan proposal bantuan study ahkir setelah kami sudah menaikkan permintaan ke atas (bagian keuangan) sehingga yang turun juga sesuai permintaan yang kami ajukan,” tambah Saul.

Saul juga menyesalkan adanya pemberiataan yang mana hanya mengambil sumber dari satu pihak. Yang seharusnya meminta tanggapan pihak Dinas Sosial Sorong Selatan agar pemberitaan dapat dikatakan berimbang.

“Harusnya koordinasi dulu biar pemberitaannya berimbang. Adik-adik mahasiswa bisa koordinasi dengan pihak kami agar mendapat penjelasan yang sebenarnya,” kata dia.

Ia menambahkan, bagi mahasiswa yang belum direalisasikan dana study akhirnya, nanti akan menyusul pada tahap kedua yang akan dibayarkan tahun depan.

Penulis: Hermanus Sagisolo