(Dok. Humas Setda Teluk Bintuni)

Teluk Bintuni, Rakyatpapua.com – Pemuda/i Risaturi (Kuri, Wamesa, Irarutu, Sumuri) diajak tidak terpecah belah dalam memperjuangkan keinginan masyarakat Babo Raya sebagai sebuah Daerah Otonom Baru.

Mewakili Pemuda Risaturi, Ilham Refideso, Minggu (3/3) mengajak masyarakat khususnya Pemuda/i Risaturi satukan hati dan pikiran bersama-sama perjuangkan CDOB Babo.

Ilham Refideso mewakili pemuda/i risaturi ketika menyerahkan Dokumen Calon DOB Babo kepada Sekertaris Komite, Abd Rasyid Fimbay dan selanjutnya di serahkan kepada Bupati Teluk Bintuni oleh Ketua Komite, Sahaji Refideso, Jumat (1/3).

Ia menganggap perbedaan pendapat yang sempat terjadi ketika muncul aksi tandingan beberapa waktu lalu sebagai bumbu dalam mewujudkan keinginan masyarakat.

“Menurut kawan-kawan aksi tandingan, bahwa momentnya tidak pas. Tetapi menurut saya kan kita jangan lihat dari satu sisi saja, perjuangan DOB Babo ini bukan hal baru” ujar Ilham.

“Perjuangan ini sudah dimulai tahun 2001 sebelum ada pemerintahan Teluk Bintuni” lanjut Politisi Muda ini.

Sebagai Intelektual Risaturi, Ilham sekaligus mengajak seluruh Pemuda Risaturi pinggirkan perbedaan dan satukan tujuan.

“Sebagai anak mudah Babo mewakili Pemuda/i Babo Raya, Pemuda/i Risaturi, saya berharap mari kita tinggalkan pikiran yang miring dan mari kita bersatu dan kawal proses ini sehingga terwujutnya keinginan masyarakat Babo Raya yang lama terpendam” ujar Ilham.

Sebelumnya, Bupati Petrus Kasihiw, menyampaikan bahwa sesegera mungkin bakal membentuk Tim Tekhnis guna sikapi aspirasi masyarakat terkait Pemekaran Kabupaten Babo.

Apalagi, menurut Bupati, dokumen-dokumen yang telah diserahkan oleh Komite Pemekaran dianggap cukup lengkap, tinggal penyempurnaan yang nanti dilaksanakan oleh Tim Tekhnis.

“Kalau dilihat dokumen dokumen yang ada sudah lengkap tingal melengkapi beberapa poin yang harus diselesaikan. Yang terpenting adalah tim segera terbentuk dan bekerja menyempurnakan dokumen” jelas Pit Kasihiw.

“Setelah itu baru dibawah ke Gubernur. Dan kalau dilihat dari substansi yang ada, saya akan meminta Gubernur untuk mempercepat pendaftaranya ke pusat” imbuhnya menerangkan.

(Halim)