Caleg PSI Dapil V Papua Barat, Yohanes Akwan, SH.

Caleg PSI PB : Hanya di Era Jokowi, Papua Dianggap Anak Kandung

170

Manokwari, Rakyatpapua.com – Presiden RI ke – 7 Ir. Joko Widodo dianggap memperlakukan Papua layaknya ‘Anak Kandung’ setelah apa yang diperbuatnya selama menjabat sebagai Presiden sejak 2014 lalu.

Caleg PSI (Partai Solidaritas Indonesia) Dapil V Provinsi Papua Barat, Yohanes Akwan, mengungkapkan bahwa sebelumnya pembangunan di papua hanya setengah hati.

Ia memandang bahwa mantan Walikota Solo ini berhasil meletakan insfrakstruktur dasar sesuai apa yang diperlukan masyarakat papua, semisal Jalan Trans Papua – Papua Barat.

“Misalkan contoh, pembangunan jalan trans di papua barat saat ini su terhubung antara kabupaten dan provinsi, sudah tidak seperti dulu lagi” ucap Anis sapaan akrabnya.

Caleg PSI Nomor 4 Dapil V Papua Barat ini mengapresiasi langkah berani membangunan ruas jalan Trans Papua Barat sepanjang 1.070 KM yang dilakukan Jokowi dalam masa kepemimpinannya.

“Memang barang ini bahkan sudah ada sejak jaman Presiden Habibie, tapi di jaman Jokowi lah ruas Sorong-Maybrat-Manokwari 594,81 km, Ruas Manokwari-Mameh-Wasior 475,81 km serius dikerjakan dan tembus semuanya” sebut aktifis Serikat Buruh ini.

Lebih lanjut, Anis Akwan menjelaskan bahwa pembangunan sarana infratruktur dasar lainnya di Papua oleh Jokowi, juga telah mampu menekan sektor lainnya sehingga orang papua bisa merasakan kemerdekaan yang sama dengan daerah lain di Indonesia.

Sebut Anis, selain jalan, ada pembangunan bandara, pembangunan jembatan, dll. Kesemuanya itu, diyakininya sangat membantu masyarakat Papua. Sebab, dengan sarana infrastruktur yang baik, pembangunan, akses ekonomi adan kesejahteraan masyarakat meningkat.

Diakui pula bahwa meskipun komitmen Jokowi terhadap Papua sangat jelas, terutama membangun Indonesia dari Wilayah Timur, namun tidak dapat dipungkiri dalam perjalanannya memang masih ada kekurangan.

Hal itu, tegas Anis, mesti diselesaikan secara bertahap dan tidak bisa sekaligus dalam mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia sesuai amanat Sila ke – 3 Pancasiila.

Jokowi ketika menggendong dua bocah asmat. (Dok. Biro Setpres)

“Tantangan Pak Jokowi bangun Papua memang berat. Namun kami yakini semua itu sedang dalam proses menuju kearah sana” kata dia.

Melihat track record yang telah dikerjakan Jokowi, Anis mewakili PSI Papua Barat mengajak masyarakat untuk sekali lagi mempercayakan Jokowi memimpin Negeri ini agar Papua bisa lebih baik kedepannya.

“Dengan demikian untuk melanjutkan pembangunan di papua saya pikir jokowi masih sangat pantas dipilih sekali lagi arena beliau terbukti menunjukan dedikasinya dalam membangun papua dari sudut cinta dan kasih kepada orang papua” serunya.

“Kami sadari itu maka secara politiis, PSI Papua Barat akan gerakan barisan untuk menangkan Jokowi dua priode karena kami yakin PSI Nomor 11 dan Jokowi nomor 1 sudah tentu dia 2 periode” ujar Anis meyakini.

(***/Halim)