Sorong Selatan, Rakyatpapua.com – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) RKPD Sorsel resmi di gelar, Kamis (21/3), guna merencanakan serta menyepakati hasil Musrembang tingkat Distrik untuk dituangkan dalam Rencana Kerja tahun anggaran berjalan Pemkab Sorong Selatan.

Dalam sambutannya, Wabup Sorong Selatan, Drs Marthinus Salamuk secara khusus mengarahkan agar dalam Musrembang RKPD, setiap OPD (Organisasi Perangkat Daerah) wajib mencermati sumber Pendanaan yang berasal dari Dana Otsus.

Musrembang RKPD Pemkab Sorong Selatan, di Teminabuan, Sorong Selatan.

Dijelaskan Wabup, semua program dan kegiatan prioritas yang ada dalam renstra OPD yang dibiayai oleh sumber Dana Otsus, maka kepada OPD pengelola sumber Dana Otsus harus menjadikan Orang Asli Papua (OAP) menjadi objek dan subjek penggunaan Dana Otsus.

“Untuk semua Kepala OPD, khusus program yang bersumber dari dana Otsus, OAP harus jadi objek dan subjek pembangunan” kata Bupati.

Wabup berujar bahwa, penggunaan Dana Otsus yang tepat sasaran dapat menekan angka kemiskinan OAP yang masih cukup tinggi berdasarkan data statistik di Sorong Selatan.

“Berdasarkan data penduduk asli orang papua dikabupaten Sorong Selatan bulan Desember tahun 2016 adalah 45 589 orang dari total penduduk Sorong Selatan 61.151 orang, dengan jumlah penduduk miskin berkisaran pada angka 8790 orang. Ini harus kita tekan” ucapnya.

Musrembang RKPD merupakan forum untuk membangun konsesnsus bersama dan merupakan sarana diskusi dan curah pendapat antara stakeholders dalam rangka sinkronisasi, harmonisasi, dan klasifikasi atas program dan kegiatan prioritas yang telah di usulkan oleh masyarakat secara berjenjang dari Kampung hingga Distrik dan OPD.

“Saya berharap agar Tim asistensi Bappeda dapat memandu jalanya Musrembang dengan berpedoman kepada dokumen perencanaan pembangunan RPJMD, Renstra OPD, hasil usulan musrembang kampung/kelurahan dan distrik serta kajian terhadap pokok pikiran DPRD yang telah ditetapkan melalui paripurna di DPRD” ungkap Bupati mengingatkan.

Sementara itu, Kepala Bappeda Sorong Selatan Dance Nauw,SP,MSi saat menyampaikan laporanya mengatakan bahwa kegiatan ini membahas dan menyepakati hasil hasil musrembang dari tingkat distrik yang kemudian akan menjadi prioritas kegiatan pembangunan kabupaten Sorong Selatan.

“Kegiatan ini akan menghasilkan kesepakatan kesepakatan program dan kegiatan prioritas yang kemudian di tuangkan dalam berita acara hasil musrembang tingkat kabupaten Sorong Selatan” jelas Dance Nauw.

Hadir dalam acara ini Wakil Bupati Sorong Selatan Drs Marthinus Salamuk, Wakapolres Sorong Selatan Bidik Rysaladi,SH, Perwakilan DPRD Sorong Selatan Gustaf Lohpati, Danramil Teminabuan yang diwakili oleh Sertu.Benyamin Kena, serta Tim Asistensi Bappeda Provinsi Papua Barat.

(Eng/Halim)