Sorong Selatan, Rakyatpapua.com – Polres Sorsel Gelar Apel Gelar Pasukan dalam rangka operasi Mantap Brata Mansinam Tahun 2019 yang digelar Jumat (22/03) di Lapangan Trinarti Teminabuan dipimpin langsung oleh Kapolres Sorong Selatan Hans Rahmatuloh,Irawan,SIK., selaku Komandan Apel IPDA Muharyadi, ST.rK., dan Perwira Upacara Kabag OPS Polres Sorong Selatan AKP Sutrisno, SH., MH

Turut hadir dalam apel ini Wakil Bupati Sorong Selatan Drs Marthinus Salamuk, Ketua KPU Sorong Selatan Ester Homer,SE, Ketua Bawaslu Sorong Selatan Yulius Yarolo,S.IP, Danramil Teminabuan dan Pejabat TNI AD, serta sejumlah Tokoh Masyarakat.

Kegiatan apel yang digelar kali ini mengusung thema ‘Melalui apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata mansinan 2019 kita tingkatkan sinergi POLRI dengan instansi terkait dalam rangka mewujudkan KAMDAGRI yang Kondusif’.

Kapolres Sorsel dampingi Wabup dan Forkopimda tinjau Alutista Polres Sorsel.

Kapolres Sorong Selatan AKBP Hans Rahmatuloh Irawan ,SIK saat membacakan sambutan Menkopolhukam RI, Wiranto, mengatakan jumlah kekuatan TNI POLRI sangat besar hal ini dapat kita laksanakan semata mata menunjukan bahwa Negara dengan didukung oleh rakyat sangat serius bertanggung jawab agar gelaran pesta demokrasi dapat berjalan dengan baik tanpa ada hambatan yang berarti guna memilih calon legislative dan pemimpin nasional yang beritegritas

“Sebagai prajurit, TNI POLRI sepenuhnya menyadari bahwa tugas mengamankan penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2019 adalah kehormatan dan kebanggaan karena sama nilainya dengan menjaga keutuhan bangsa dan menjamin terwujudnya kemanan dan ketertiban masyarakat” ucap Kapolres bacakan sambutan Menkopolhukam.

Untuk itu, harap Kapolres kepada seluruh prajutit TNI POLRI dan komponen masyarakat yang dilibatkan dalam pengamanan Pemilu agar dapat melaksanakan tugas ini dengan penuh dedikasi dan rasa tanggung jawab.

“Karena bagi Prajurit Bhayangkara, Tugas Negara adalah kehormatan yang tidak ternilai harganya” ujarnya.

Kapolres juga mengajak, dalam melaksanakan tugas pengamanan penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2019 agar seluruh prajurit yang terlibat mempedomani seluruh Prosedur Tetap (Protap) yang berlaku, sehingga tindakan tindakan yang dilakukan senantiasa terukur sesuai dengan aturan hukum.

“Wujudkan sinergitas antara TNI POLRI dengan Penyelenggara Pemilu dan seluruh komponen masyarakat agar setiap permasalahan yang muncul dilapangan dapat dihadapi dikoordinasikan dan dipecahkan bersama” sebutnya.

Tidak kalah pentingnya untuk dipahami bahwa seluruh prajurit TNI Polri dimanapun bertugas disamping melaksanakan tugas pengamanan penyelenggaraan pemilu tahun 2019, diharapkan harus mampu mendewasakan masyarakat dalam berdemokrasi sehingga tidak mudah terprovokasi dengan isu isu dan berita berita bohong atau hoax yang beredar dan menimbulkan keresahan.

Diyakini Kapolres, unsur Babinsa, Bhabinkamtibmas serta perangkat pemerintahan pada strata desa kelurahan sangat menguasai situasi wilayahnya. Dengan bekal ini diharapkan agar mampu menjaga stabilitas keamanan dalam penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2019.

Pembukaan Apel ditandai dengan penyematan pita tanda peserta operasi kepada sejumlah utusan oleh Kapolres Sorong Selatan Hans Rahmatuloh Irawan.SIK selanjutnya digelar pemeriksaan pasukan dan disertai pemeriksaan alutsita peralatan POLRES Sorong Selatan.

(Eng/Halim)