Sorong Selatan, Rakyatpapua.com – Bupati Sorsel Samsudin Anggiluli,SE secara resmi menutup Musrembang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sorong Selatan Tahun 2020, Jumat (22/03), di Aula Bappeda Sorong Selatan.

Musrembang yang telah dilaksanakan selama 2 hari yang diikuti oleh seluruh OPD dilingkup Pemkab Sorong Selatan telah berhasil membahas sejumlah program pembangunan untuk tahun 2020.

Menurut Bupati pengusulan semua program disampaikan berdasarkan Renstra dan RPJMD serta berdasarkan program prioritas yang diusulkan melalui Musrembang ditingkat Kampung/ Kelurahan dan Musrembang di tingkat Distrik, kemudian dituangkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

“Semua program yang berhasil dirumuskan dalam RKPD tahun 2020 merupakan program yang dihimpun sejak dari musrembang kampung” sebut Bupati.

Hasil pembahasan berjenjang Musrembang dari tingkat kampung, distrik hingga OPD ini berhasil merumuskan sejumlah program pembangunan dengan nilai pagu indikatif mencapai 1 Triliun lebih.

“Program ini kemudian akan disampaikan kepada DPRD dalam rapat pembahasan rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2020 sebagai landasan yang akan dipaparkan di DPRD dengan pagu indikatif yang diusulkan di tahun 2020 mendatang mencapai Rp 1 Triliun lebih” ungkapnya.

Penyerahan Dokumen RKPD Sorsel Tahun 2020.

“Semoga kedepan semua usulan program ini dapat berguna bagi masyarakat untuk dinikmati dan tentunya menjadi prioritas pembangunan sesuai dengan Visi dan Misi kabupaten ini,” pesan Bupati.

Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli SE menambahkan bahwa dalam kepemimpinannya dalam kurun waktu 3 tahun terakhir ini pihaknya telah melakukan berbagai upaya semaksimal mungkin untuk menurunkan angka kemiskinan dan IPM Sorsel.

“Demikian juga halnya dengan IPM di Papua Barat, kabupaten Sorong Selatan saat ini menempati penilaian sedang dan ini juga merupakan usaha perbaikan yang telah secara terus menerus coba kami kerjakan” cetus Bupati.

“Terkait kekurangan kekurangan yang ada sampai saat ini kami akan terus benahi diri untuk kemajuan Sorong Selatan yang lebih baik lagi” tandasnya.

Sementara itu Kepala Bappeda Sorong Selatan Dance Nauw,SP,MSI membenarkan bahwa kegiatan ini telah berjalan teratur mulai dari Musrembang Kampung /Kelurahan ,Musrembang Distrik dan Musrembang Kabupaten dengan mengacu pada thema sentral tahun ini yaitu penguatan ekonomi sebagai leading sector.

“Untuk itu OPD terkait yang bersentuhan langsung dengan penguatan ekonomi rakyat dapat mengawal semua program yang dituangkan dalam Renstra dan Renja.sehingga semua usulan ini dapat terealisasi” tutup Dance.

(Eng/Halim)