Manokwari, Rakyatpapua.com – Cawapres 02, Sandiaga Uno menyebut alasan dipilihnya Manokwari, terutama Pulau Mansinam sebagai tempat Pertama ia memulai Kampanye di Tanah Papua karena Mansinam merupakan tempat pertama kalinya “Peradaban Orang Papua” dimulai.

Ia berujar, Pulau Mansinam adalah Pulau Peradaban Orang Papua karena Sejarah Injil Pertama Masuk di Tanah Papua melalui Pulau ini.

“Ini adalah peradaban, sejarah peradaban pertama orang papua. Juga injil pertama kali masuk di tanah papua melaui pulau mansinam,” ujar Sandi, Rabu (26/3), di Pulau Mansinam.

Sandiaga Uno juga menambahkan hal ini juga jangan dilihat hanya dari sisi Politis semata, tapi juga bagaimana kita bersama-sama merawat nilai kebangsaan, kebhinekaan dan persaudaraan.

Apalagi, jika melihat persentase suara, Papua Barat hanya menyumbang sepersekian persen dari suara nasional. Namun, ucap Sandi, bukan itu yang menjadi esensinya.

“Jangan dilihat dari sisi politis, dari banyaknya suara, tapi bagaimana kita menjaga nilai kebangsaan, kebhinekaan dan persaudaraan kita,” kata dia.

“Jadi jangan hanya bicara politik, politik, politik. Suara, suara, suara. Juga bukan hanya tentang Prabowo – Sandi, tapi bagaimana semua itu kita jaga,” lanjutnya antusias.

Saking antusiasnya, dalam kesempatan yang sama Sandiaga juga berjanji bakal kembali mengunjungi Mansinam pada tahun depan dalam Perayaan HUT PI 2020.

Sementara itu, Pdt. Leonard Yelimolo mengapresiasi Cawapres Sandiaga Uno yang berinisiatif kunjungi Pulau Peradaban Orang Papua, tempat Pertama Kali Injil Masuk di Tanah Ini.

“Kalau dalam Alkitab, di Kitab Roma, disitu disebutkan, “Injil adalah Kekuatan Allah”, semoga Bapak Sandiaga dengan sudah mengunjungi Pulau Mansinam, semoga Bapak Sandiaga dan Prabowo terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI,” tegas Leonard.

Cawapres Sandiaga Uno ketika berenang merasakan hangatnya Laut Papua.

Setelah mengunjungi Situs Pulau Mansinam, Sandiaga Uno juga menyempatkan diri berenang merasakan segarnya laut Papua. Ia juga menimbau alam, laut dan hutan Papua juga harus terus dijaga secara baik.

(***/Halim)