Sorong, Rakyatpapua.com – Kampanye terbuka Capres 01 yang sebelumnya dijadwalkan digelar di Lapangan Hockey Kota Sorong terpaksa di ubah menjadi Kampanye tertutup berupa penyampaian Visi Misi Sang Petahana di ACC Aimas Kab. Sorong, Papua Barat, Senin (1/4).

Ketika dikonfirmasi, Sabtu (30/3) siang, Juru Bicara TKD Jokowi – Ma’ruf Papua Barat, Marinus Bonepay, mengatakan meski beberapa aliansi masyarakat pecinta Jokowi telah menolak perubahan jadwal ini, namun informasi terbaru, tetap dilaksanakan di ACC Aimas Kabsor.

“Informasi terakhir, tidak ada perubahan lagi, Pak Jokowi tetap jumpai masyarakat sorong di ACC Aimas pada hari senin petang,” ungkap Marinus.

Dijelaskan Marinus, alasan perubahan Jadwal Kampanye Capres Joko Widodo dari Lapangan Hockey Kota Sorong ke ACC Aimas Center Kabsor dikarenakan beberapa pertimbangan Presiden.

Kata dia, Bencana Banjir Bandang yang menerjang Sentani beberapa waktu lalu hingga Jokowi memutuskan merubah jadwal dengan mengunjungi Sentani terlebih dahulu (Senin Pagi hingga Sore).

Diketahui, dalam rilisnya TKN Jokowi – Ma’ruf Amin menjadwalkan Capres Nomor Urut 01 melakukan Kampanye Terbuka pada Senin (1/4) pagi di Lapangan Hockey Kota Sorong, dan siangnya barulah ke Sentani Jayapura.

“Untuk alasan kemanusiaan, Beliau (Presiden-red) merubah jadwal (rilis TKN) dengan kunjungi Sentani terlebih dahulu, menghabiskan waktu lebih lama bersama warga sentani, apalagi sejak peristiwa itu, sebagai Kepala Negara, Beliau juga belum kunjungi Sentani,” ujarnya.

Selain itu, Marinus menambahkan, pertimbangan lainnya, dalam Kondisi yang tengah berduka pasca Banjir Bandang Sentani, Presiden juga tidak menginginkan terlalu banyak hura-hura demi menghormati duka warga papua, khususnya di Sentani.

Juru Bicara TKD Jokowi-Ma’ruf Papua Barat, Marinus Bonepay. Ist

“Sampai hari ini saja, korban banjir masih terus ditemukan oleh Tim SAR di Sentani sana, pertimbangan itu juga membuat Presiden tidak ingin hura-hura dalam melakukan Kampanye di tempat terbuka,” ucap Ketua Perindo Papua Barat ini.

Kendati demikian, Mantan Gubernur DKI ini tetap menghormati simpatisan Jokowi – Ma’ruf Papua Barat yang menginginkan ia hadir menyampaikan Visi Misinya sebagai Calon Presiden RI Periode 2019 – 2024.

Setelah mngunjungi Sentani, (1/4), pagi, kemudian sore harinya Presiden langsung bertolak menuju Sorong, Papua Barat, dan direncanakan tiba di Bandara DEO, sekira pukul 18:30 WIT dan bertatap muka bersama kurang lebih 4 ribuan simpatisan di ACC Aimas Center.

(***/Halim)