Sorong, Rakyatpapua.com – Koordinator Relawan Gemar Jokowi dan Aliansi Relawan Jokowi (ARJ) Papua Barat ungkapkan kekecewaannya terhadap TKD (Tim Kampanye Daerah) begitupun TKN Jokowi – Ma’ruf.

Vincen Kocu, Dir. ARJ dan Gemar Jokowi Papua Barat meluapkan kekecewaannya tersebut melalui beberapa Jejaring Sosial WAG ketika Capres Petahana Joko Widodo baru saja tiba di Sorong, Papua Barat, Senin (1/4) malam waktu setempat.

Pasalnya, dalam hal pembiayaan terhadap relawan dan ke ikut sertaan dalam Kampanye Jokowi, TKD disebut tidak menghargai Relawan Jokowi yang tersebar di seluruh Papua Barat.

Banyak Relawan Jokowi yang bahkan tidak dilibatkan dalam Kampanye Jokowi di Sorong, Papua Barat, padahal menurutnya, peran Relawan sangat strategis dalam upaya mendulang suara sebanyak-banyaknya di Papua Barat.

“TKD dan TKN tidak menghargai 12 Koordinator Relawan Jokowi Provinsi Papua Barat dan 156 ketua Relawan Jokowi Kabupaten/Kota se Provinsi Papua Barat, mereka tidak merespons pembiayaan kegiatan Relawan se-Papua Barat,” tulis Vincen

Ia berujar, TKN juga harus segera melakukan evaluasi terhadap kinerja TKD karena sangat berpengaruh terhadap konstelasi politik di Papua Barat.

Lanjutnya, TKN perlu memahami bahwa situasi politik di Papua dan Papua Barat berdeda jika dibandingkan dengan wilayah lainnya.

“TKN semestinya paham dengan kondisi dan situasi Papua/Papua Barat itu berbeda dengan relawan Jokowi di provinsi lain di Indonesia karena khusus relawan Jokowi Papua dan Papua Barat harus ada pembiayaan khusus,” ucapnya.

“Siapa yang mau membiayai relawan di Papua dan Papua Barat,” tanya Vincen.

Apalagi Pemilu kali ini adalah Pemilu Serentak Pilpres dan Pileg, TKN, sebut dia, harus memahami bahwaTKD mungkin juga mempunyai kepentingan terhadap caleg yang diusung mereka.

“TKN juga harus paham, Pemilu 2019 adalah Pemilu Serentak. Tra mungkin TKD mau membiayai Relawan TKD sedangkan mereka juga mungkin membiayai caleg caleg nya untuk target partai lalu Relawan di abaikan,” bebernya.

Sementara itu, beberapa Relawan Jokowi di Papua Barat pun mengutarakan kekecewaan mereka karena tidak dilibatkan dalam Kampanye Jokowi di Aimas Convention Center, Senin (1/4) malam.

Beberapa Koordinator Relawan juga bahkan harus mengeluarkan biaya pribadi demi mengkoordinir Relawannya untuk hadir di Kampanye Jokowi.

“Terimakasih karena kami tidak diikutsertakan, bahkan tidak ada undangannya,” seperti dikutip dari WAG Dir Relawan Jokowi MA.

Kendati demikian, seluruh Relawan berkomitmen memenangkan Jokowi Ma’ruf Amin dalam Pilpres 2019 atas segala Capaian Pembangunan yang telah dilakukan di Tanah Papua.

Juru Bicara TKD ketika coba kami konfirmasi semalam, belum bisa memberikan keterangannya karena masih disibukkan dengan kunjungan Jokowi di Sorong, Papua Barat.

(***/Halim)