Calon Presiden Nomor Urut 01, Ir. Joko Widodo, ketika menyampaikan Visi Misinya di Aimas Convention Center, Kab. Sorong, Senin (1/4).

Sorong, Rakyatpapua.com – Capres Petahana Joko Widodo mengungkapkan janji politiknya di ACC Sorong, Senin (1/4) malam, bahwa pada tahun 2020 seluruh akses jalan yang menghubungkan Kab/Kota dan Provinsi di Papua Barat bakal tersambung seluruhnya.

Progres pengerjaan Project Strategi Nasional Trans Papua Barat, diketahui saat ini telah mencapai hampir 90 persen menghubungkan seluruh Kab/Kota di Papua Barat dan hanya akses jalan Fakfak – Kaimana yang belum tersambung.

“Memang kita harus menyadari bahwa hubungan antara kabupaten/kota di seluruh Provinsi Papua Barat ini ada yang belum sambung. Ada Fakfak ke Kaimana belum sambung, ya, Pak Bupati? Saya berjanji 2020 itu sudah sambung,” ujar Capres Nomor Urut 1.

Tambahnya, ia mengakui masih tersisa sejumlah infrastruktur di Papua Barat yang menjadi PR baginya, dicontohkan semisal perbaikan jalan antarkota antarprovinsi yang belum tersambung akan diaspal, bandara dan pelabuhan demi menggenjot perekonomian di Papua Barat.

“Ada juga beberapa airport dan pelabuhan yang tadi Pak Gubernur bisikkan kepada saya ‘Pak ini perlu diperpanjang run way-nya, Pak ini pelabuhan perlu diperbesar’, nanti saya minta tim cek di lapangan agar secepatnya dipenuhi,” kata Jokowi.

“Untuk jalan, saya pastikan tahun ini mulai diaspal. Yang namanya infrastruktur untuk Papua dan Papua Barat sangat diperlukan sekali karena infrastruktur baik jalan, airport, pelabuhan itu akan menumbuhkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru,” yakinnya.

Dalam kesempatan yang sama ia juga berjanji melanjutkan dana desa karena selain proyek infrakstruktur besar, warga Papua Barat juga membutuhkan infrastruktur kecil yang dibangun menggunakan dana desa.

“Dana desa itu memang harus dilanjutkan karena desa kita memerlukan infrastruktur meski jalan kecil jalan ke sawah itu juga diperlukan. Jadi, yang saya pikirkan bukan hanya infrastruktur besar, melainkan yang kecil,” jelas Jokowi.

Ribuan simpatisan JKW-MA Sorong Raya tumpah ruah dijalan menanti kedatangan Capres Petahana Joko Widodo, Senin (1/4) malam.

Dalam Kampanye tersebut, Jokowi ditemani Ibu Negara Iriana Widodo, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Erick Thohir, anggota Dewan Pengarah TKN Jokowi-Ma’ruf Pramono Anung, Basuki Hadimuljono, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, serta para petinggi partai politik pendukung lainnya.

Dalam Pilpres 17 April mendatang Jokowi merasa optimis melihat antusiasme ribuan masyarakat yang berbondong-bondong menanti kedatangannya. Ia menargetkan Pasangan Calon Jokowi – Ma’ruf Amin bisa memperoleh 80% Suara di Papua Barat.

(***/Halim)