Kebakaran di Pasar Ampera, Teminabuan, Sabtu (13/4).

Setidaknya Hampir 40 Rumah serta Kios di Pasar Ampera Teminabuan Hangus Terbakar

137

Sorong Selatan, Rakyatpapua.com – Puluhan rumah serta kios yang terletak di pasar Ampera, Teminabuan, pagi tadi(13/4), hangus terbakar dilahap si jago merah.

Api yang merambat menghanguskan setidaknya empat puluh rumah, kios maupun toko sekitar kawasan pasar Ampera, Teminabuan, Sorsel.

Saksi yang menyaksikan kejadian ini mengatakan peristiwa ini bermula dari kebakaran di salah satu rumah warga, kemudian dengan cepat api menjalar ke rumah warga serta kios lainnya.

Konstruksi rumah dan kios yang terbuat dari kayu serta saling berhimpatan membuat api mudah merambat kerumah yang lain dan sulit dipandamkan.

Kebakaran di salah satu rumah warga di pasar Ampera, dengan cepat merambat ke rumah/kios/toko lainnya.

“Sekitar stengah tujuh tadi, api menyala dari salah satu rumah warga kemudian merambat ke rumah yang lain,” ucap salah seorang saksi yang enggan menyebutkan namanya.

Pantauan rakyatpapua.com, 1 Unit Mobil Pemadam Kebakaran milik Bandar Udara Teminabuan dan 1 Unit Mobil Tangki Air dikerahkan dan dibantu Aparat Polres Sorsel, Koramil Teminabuan, Damkar, dan Warga Sekitar berhasil padamkan api.

Kapolres Sorsel, AKBP Hans Rahmatuloh Irawan, SIK ketika dikonfirmasi membenarkan hal ini. Ia juga menyebut kebakaran ini menelan satu korban jiwa dan menghanguskan puluhan rumah serta pihaknya akan menyelidiki penyebab kebakaran.

“Kejadian kebakaran bermula sekitar jam 06.30 dan baru dipadamkan jam 10.30 diwilayah pasar Ampera dengan 1 korban jiwa. Saat ini, kami bersama BPBD, serta warga masyarakat masih menghimpun data terkait kerugian yang timbul,” terang Kapolres.
.
Polres Sorong Selatan juga telah menyerahkan bantuan yang sifatnya urgent kepada korban kebakaran, terutama untuk mempersiapkan makan dan minum bagi sejumlah keluarga yang tertimpa musibah ini.

Meski belum dapat dipastikan, kerugian materil akibat kebakaran ini ditaksir mencapai miliaran rupiah karena hampir sebagaian rumah yang terbakar merupakan toko/kios di pasar Ampera.

(Enggelberto/Halim)